Mengulas Hal Menarik tentang Audio Visual dan Fungsinya

Audio Visual bukanlah sebuah hal yang jarang didengar, terlebih di zaman canggih seperti saat ini. Ada banyak sekali model dan bentuk dari media audio dan media visual itu sendiri. Bagi anda yang masih belum familiar dengan media yang satu ini, ada beberapa bentuk, diantaranya adalah:

  • Media Visual Gerak

Media visual gerak merupakan media yang bentuknya berupa film bisu. Pada media yang satu ini yang ditampilkan adalah hal yang visual saja, tanpa adanya audio sehingga yang disajikan hanyalah gerakan saja.

  • Media Visual Diam

Contoh dari media visual diam adalah microfon, grafis, peta globe, gambar, bagan, grafis, dan segala bentuk media yang bisa dilihat oleh mata. Dengan kata lain, bahwa media apapun yang menyajikan bentuk-bentuk visual yang bisa dikonsumsi oleh mata subjek manusia, maka media tersebut bisa dikategorikan sebagai media visual diam.

  • Media Audio dan Visual Gerak

Berbeda dengan media visual gerak dan media visual diam, media Audio Visual gerak merupakan perpaduan dari kedua hal yakni media audio dan media visual. Contoh dari media audio dan media visual gerak adalah televisi, video, film serta segala bentuk media audio yang biasa digunakan oleh manusia seperti kaset program dan piringan. VCD/DVD yang di dalamnya terdapat film ataupun gambar gerak serta audio juga bisa dikategorikan sebagai media audio dan media visual gerak.

  • Media Audio dan Visual Diam

Contoh dari media audio dan visual diam adalah komik dengan suara. Saat ini mungkin hanya sedikit orang yang memanfaatkan media audio dan visual diam karena perkembangan teknologi yang begitu pesat. Namun media audio dan visual diam pada awal ditemukan sangat bermanfaat untuk memberikan imajinasi kepada pembaca.

Audio visual

Setelah mengetahui tentang macam-macam media Audio Visual yang dikenal di masyarakat, selanjutnya adalah tentang fungsi dari penggunaan media audio dan visual. Adapun fungsi yang pertama adalah menarik perhatian siswa agar tidak terlalu bosan menghadapi pelajaran di sekolah yang terbilang monoton. Fungsi kedua yakni mempercepat pemahaman dalam sebuah proses pembelajaran oleh guru. Fungsi lainnya adalah efektifitas ruang. Dengan adanya ruang media audio dan visual, maka keterbatasan sebuah ruangan yang ada dalam kelas bisa lebih dihemat. Masih banyak fungsi lain dari media audio dan visual yakni misalnya membantu siswa menjadi lebih produktif dan komunikatif. Jika ketik di kelas siswa malas untuk melakukan aktifitas, maka dengan bantuan media ini siswa akan tertarik sehingga siswa tertarik untuk melakukan praktek.

Itulah beberapa hal menarik tentang Audio Visual yang harus anda ketahui. Dengan memanfaatkan media tersebut, tentu akan sangat membantu siswa, khususnya dalam memahami materi pelajaran di zaman yang serba maju seperti saat ini. Semoga informasi tersebut bisa bermanfaat.

guarantee

PT. Parchaindo Utama Memberikan Garansi Spare Part dan Service kepada setiap produk laboratorium bahasa yang kami sediakan, silahkan menghubungi kami untuk keterangan lebih lanjut.